Warung Bebas

Monday 26 November 2012

BAKTERI MENGUNTUNGKAN ACETOBACTER XYLINUM



BAKTERI MENGUNTUNGKAN
BAKTERI ACETOBACTER XYLINUM

Acetobacter Xylinum merupakan bakteri berbentuk batang pendek, yang mempunyai panjang 2 mikron dan lebar, micron, dengan permukaan dinding yang berlendir. Bakteri ini bias membentuk rantai pendek dengan satuan 6-8 sel. Bersifat ninmotil dan dengan pewarnaan gram menunjukkan gram negative.
Bakteri ini tidak membentuk endospora maupun pigmen. Pada kultur sel yang masih muda, individu sel berada sendiri-sendiri dan transparan. Koloni yang sudah tua membentuk lapisanmenyerupai gelatin yang kokoh menutupi sel koloninya. Pertumbuhan koloni pada medium cair setelah 48 jam inokulasi akan membentuk lapisan partikel dan dapat dengan mudah diambil dengan jarum oase.

CIRI-CIRI BAKTERI ACETOBACTER XYLINUM
Ibit nata adalah bakteri acetobacter xylinum yang akan dapat membentuk serat nata jika ditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon dan nitrogen melalui proses yang terkontrol. Dalam kondisi demikian, bakteri tersebut menghasilkan enzim yang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Dari jutaan renik yang tumbuh pada air kelapa tersebut, akan dihasilkan jutaan lembar benang-benang selulosa yang akhirnya nampak padat bewarna putih hingga transparan, yang disebut sebagai nata. Acetobacter xylinum  dapat tumbuh pada pH 3,5 – 7,5, namun akan tumbuh optimal bila pH nya 4,3, sedangkan suhu ideal bagi pertumbuhan bakteri acetobacter xylinum pada suhu 28o C – 31oC. Bakteri ini sangat memerlukan oksigen. Asam asetat atau asam cuka digunakan untuk menurunkan pH atau meningkatkan keasaman air kelapa. Asam asetat yang baik adalah asam asetat glacial (99,8%). Asam asetat dengan kosentrasi rendah dapat digunakan , namun untuk mencapai tingkat keasaman yang diinginkan yaitu pH 4,5 – 5,5 dibutuhkan dalam jumlah banyak. Selain asam asetat asam organik dan asam anorganik bisa digunakan.


MANFAAT BAKTERI ACETOBACTER XYLINUM
Bakteri ini bermanfaat untuk pembuatan nata decoco dan juga dapat digunakan untuk membuat suatu produk yang bermanfaat bagi manusia misalnya bakteri asam laktat yang menghasilkan yogurt.
Dalam kehidupan sehari-hari nata decoco dikonsumsi sebagai komponen minuman segar, seperti misalnya diminum dengan sirup, sebagai campuran koktail, atau sebagai pengganti kolang-kaling. Nata sangat sesuai apabila diolah menjadi makanan atau minuman penyegar, karena nata mengandung air sekitar 98%, lemak 0,2% kalsium 0,012%, fosfor 0,002% dan vitamin B3 0,017%, serta serat pangan (dietary fiber). Seperti halnya seluosa alami, nata sangat berperan dalam proses percernaan yang terjadi dalam usus halus dan penyerapan air dalam usus besar, sehingga sangat bermanfaat dalam pencernaan makanan dan secara tidak langsung sangat baik bagi kesehatan. Selain selulosa, tentu saja nata juga nata juga mengandung protein terutama yang berasal dari bakteri Acetobacter Xylinum yang terperangkap diantara susunan benang-benang selulosa. Oleh karena itu, nata juga dapat digolongkan sebagai probiotik.


0 comments em “BAKTERI MENGUNTUNGKAN ACETOBACTER XYLINUM”

Post a Comment